"

"
there's nOthin'

Rabu, 21 November 2012

Masalah Buat Loe..?!


Adalah suatu keniscayaan. Setiap yang berjiwa dipastikan pernah memiliki masalah. Masalah ringan, berat bahkan yang sangat rumit sekalipun. Masalah adalah jembatan menuju pendewasaan diri. Meski terkadang masalah menjadi penghalang diri yang terlalu jauh terjatuh seakan tak mampu lagi berdiri. Tapi jika disadari, justru masalah bisa menjadi batu loncatan dalam pencapaian kebahagiaan hidup. Kenapa bisa? Tergantung cara kita menyikapi, menghadapi dan mengatasinya. Karena masalah memberi kita ruang untuk sejenak me-review diri. Memeras pikiran kita untuk mencurahkan perhatian sehingga kita benar-benar harus mendapatkan jalan keluar atau bahkan jalan lain dalam memecahkan masalah yang menghampiri kita.
Tanpa masalah, kita tidak akan pernah tahu, sakitnya kekecewaan, penyesalan bahkan keterpurukan. Namun jika hal tersebut mampu kita hadapi dengan mengolahnya sehingga kita bisa bangkit dari masalah tersebut. Maka masalah akan menjadi sebuah sarana pembelajaran. Di sisi lain masalah yang muncul memberi kita peringatan akan tindak-tanduk kita yang kurang benar, mengajari kita di jalan mana seharusnya kita melangkah dan hati-hati. Bak alarm yang membangunkan kita dari tidur sesaat. Hanya bila kita mengerti dan memahami seberapa besar masalah yang kita hadapi, akan menjadi latihan rutin diri dalam melewati hari di sisa-sisa hidup yang berarti.
Masalahpun mengajarkan kita makna ketidakmampuan. Karena ada yang Maha Mampu, maka hanya kepada-Nyalah kita menyerahkan ketidakmampuan kita. Seseorang yang terlalu larut dalam ketidakmampuan terkadang gelap mata malah membahayakan dirinya, seperti menghabisi nyawanya sendiri misalkan. 180 derajat berbanding terbalik dengan seseorang yang tidak mampu namun menyandarkan kelemahannya pada Yang Maha Mampu, maka apapun yang dia hadapi akan ada suatu energi yang menambah kemampuannya dalam menghadapi (lagi-lagi) masalah. Meski tak jarang seseorang percaya pada yang sok mampu.
Ibarat papan catur, masalah adalah hitamnya. Tanpa hitam, kuda sang raja tak akan pernah bisa meloncat dari satu petak ke petak lainnya, begitupun yang lain. Tanpa masalah, hidup akan lurus tanpa kelokan berarti.  Karena dunia tidak melulu putih masih ada warna lain yang harus menjadi esensi keindahan di dalamnya. Karena hidup itu sendiri adalah masalah yang telah kita pilih, jadi untuk apa menyesalinya?


*Sometimes, It’s easy to say, but difficult to do

Tidak ada komentar:

Posting Komentar